Konsep Object dan Class Dalam Object Oriented



Misalnya Ada melihat kucing, meja, kursi, rumah di sekeliling. Bukankah mereka merupakan objek di dunia nyata dan tentunya dalam melukis, Anda dapat menggambarkan karakteristik mereka yang dapat dilihat ke kanvas atau buku gambar. Sekarang pikirkan bagaimana memindahkan karakteristik mereka ke dalam wujud kode program yang dapat dimengerti komputer.

        Komputer dapat memahami bahasa mesin di mana bahasa mesin ini sangar sulit untuk kita pahami sebagai manusia. Oleh karena itu diperluka bahasa pemrograman yang menjadi jembatan dengan bahasa mesin tersebut. Bahasa pemrograman Java merupakan salah satu sarana bagi kita untuk mengolah data dan memberikan instruksi untuk diproses dan dijalankan oleh komputer.

        Sekarang akan dijelaskan bagaimana memindahkan pemikiran objek di dunia nyata menjadi objek dalam dunia software atau pemrograman, khususnya Java.

        Misalnya Anda mengambil salah satu contoh dari dunia nyata sebagai objek yang akan Anda pindahkan ke bentuk pemrograman, misalnya orang.

DATA MEMBER

        Kita ketahui bahwa yang dinamakan "orang" pasti memiliki tinggi badan, berat badan, bentuk badan, warna rambut, bentuk rambut, warna kulit, jenis kelamin, menggunakan kacamata, dan lain-lain.

        Anda dapat menceritakan kepada orang lain ciri-ciri seseorang dengan berpatokan pada karakteristik tersebut sehingga orang yang Anda ajak bicara dapat mengenalo siapa yang Anda gambarkan. Ciri-ciri ini dapat dipindahkan menjadi variabel-variabel dari class yang sering disebut sebagai data member.

        Sekarang coba perhatikan contoh permisahan objek orang nyata menjadi kode program dalam class Orang :

class Orang {
    String nama; //nama orang
    int tinggiBadan; //dalam satuan centimeter
    int beratBadan; //dalam satuan kilogram
    String bentukBadan; //kurus, gemuk, normal
    String warnaRambut; //hitam, pirang, coklat, dll
    String warnaKulit; //kuning, merah, hitam, putih
    String kelamin; //pria atau wanita
    boolean berkacamata; //true=berkacamata, false=tidak berkacamata
}

Selamat! Sekarang Anda sudah bisa membuat class dalam Java.

 

note :
Semua aspek dalam pemrograman Java dapat kita anggap sebagai objek, terkecuali tipe data primitif karena semua library dan objek dalam Java memiliki akar awal class java.lang.Object.